Perbedaan Antara Daging Aqiqah Dan Daging Qurban

JASA AKIKAH JOGJA

Kebanyakan ulama mempunyai pendapat jika hukum mengkonsumsi daging aqiqah diri sendiri tetap diperbolehkan. Menyangkut porsi yang dibagikan ada pendapat bahwa daging aqiqah mempunyai syarat dan ketentuan mirip dengan tata cara pembagian pada daging qurban.

Tetapi sunnahnya yaitu membagi jadi 3 bagian, 1/3 diberikan fakir miskin, 1/3 teman atau tetangga, dan 1/3 diri sendiri. Soal anak yatim yang tidak disebutkan secara detail, alasannya bisa saja orang tua anak itu berada serta dirinya memperoleh warisan lumayan banyak dan tidak masuk pada golongan fakir miskin. Walau demikian, ada yang menjelaskan kalau hukumnya makan daging aqiqah berbeda dengan qurban. Maka dari itu sang tuan rumah berhak memakai daging itu sebagai keperluannya. Tidak perlu khawatir karena jasa aqiqah Jogja pasti mengetahui berbagai syarat tersebut.

Sama sekali tidak ada larangan untuk memakan daging aqiqah, misal daging yang tidak dibagikan ingin dipakai sendiri oleh pihak yang beraqiqah atau keluarganya tetap bisa dan sah. Jauh berbeda dengan daging qurban karena ada porsi yang wajib dibagikan kepada kaum fakir miskin yang membutuhkan atau bisa dibilang disedekahkan. Selain itu, ada cara memasak dan memotong daging aqiqah dengan memakai jasa aqiqah Jogja.

Daging aqiqah merupakan daging hewan kambing. Perlu anda ketahui bahwa cara memasak daging kambing yang empuk, enak dan menghilangkan bau prengus ada beberapa tips seperti dibawah ini:

  1. Taburi daging memakai garam
  2. Hilangkan lemak di daging
  3. Rebus menggunakan rempah-rempah
  4. Rebus langsung tanpa dicuci
  5. Lumuri daging memakai parutan nanas
  6. Baluri jeruk nipis
  7. Lumuri parutan buah pir
  8. Bungkus dau pepaya

Pembagian dari daging aqiqah lebih diutamakan dengan keadaan sudah matang atau sudah dimasak terlebih dulu. Hal seperti itu akan memudahkan orang untuk menerima dari pemberian aqiqah. Apabila anda merasa bingung akan memasak apa daging tersebut, lebih baik menggunakan jasa aqiqah Jogja. Sedikit penjelasan diatas semoga membantu menambah pengetahuan anda semua tentang aqiqah.